Minggu, 18 Desember 2016

 

Walikota Perintahkan Siaga Jelang Natal dan Tahun Baru

 

SAMARINDA. Walikota Samarinda, Syaharie Jaang memerintahkan untuk selalu siaga menjelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Terutama siaga terhadap potensi musibah kebakaran dan bencana lainnya yang biasanya rawan saat tinggi aktivitas warga. Karena itu, ia memberikan motivasi tinggi kepada para anggota Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) Kota Samarinda yang melaksanakan apel siaga di Lapangan Sepak Bola Karang Asam Jalan Slamet Riyadi, Sungai Kunjang, Minggu (18/12/2016) kemarin sore.

 

"Saya sampaikan penghargaan dan terimakasih kepada pengurus Balakarcana Kota Samarinda yang sudah menginisiasi kegiatan Apel Siaga ini. Saya ingin kembali menegaskan bahwa dalam situasi apapun , kita semua harus selalu dalam kondisi siaga. Saat terjadi kebakaran dan bencana, jangan lagi bertanya siapa yang jadi korban. Yang ada di kepala kita, bagaimana supaya bisa langsung bergerak untuk membantu warga yang tertimpa musibah. Kita harus bantu tanpa memandang apa sukunya, agamanya, ataupun golongannya. Semua yang tertimpa musibah, wajib untuk kita bantu," ungkap Walikota saat menjadi pembina apel didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda Robby Hartono, Ketua Umum Balakarcana Suharno, serta perwakilan Polresta dan Dandim Samarinda.

 

Siaga yang ia maksud tidak hanya dalam hal siaga mental. Tetapi juga siaga secara peralatan baik kendaraan maupun mesin portabel. Berikut Kekompakan tim dalam menghadapi musibah di lapangan. Kata dia, Natal dan Tahun Baru hampir sama dengan Lebaran Idul Fitri yang membuat aktivitas Warga lebih tinggi dari hari biasanya. Bahkan banyak pula yang meninggalkan rumah kosong sehingga diperlukan kesiagaan.

 

"Perhatikan kompor dan sambungan listrik sebelum rumah ditinggal pergi maupun ditinggal tidur. Karena musibah bisa datang kapan saja tanpa bisa kita duga," pesan Walikota.

 

Sementara Ketua Umum Balakarcana Kota Samarinda, Suharno menyebut kegiatan itu sengaja mereka gagas untuk mengetahui kesiapan tim Balakarcana di setiap unit. Juga sekaligus untuk bersilaturahmi dengan Walikota yang juga merupakan Pembina Balakarcana Kota Samarinda itu. Ia berharap, agar pesan Walikota terkait kesiagaan selama Natal dan Tahun Baru itu bisa dicamkan secara baik oleh para anggota. 

"Dan yang lebih penting lagi adalah pesan untuk melaksanakan tugas tanpa pilih-pilih siapa yang menjadi korbannya. Karena misi kita ini kemanusiaan dan berdasarkan panggilan jiwa. Sehingga siapapun yang terkena musibah dan di manapun lokasinya, sudah wajib bagi kita untuk turun langsung ke lapangan," tegas Suharno. (hms6)