Harga Tiket Pesawat di Bandara APT Pranoto Senggol Inflasi

8 Januari 2019   31 Kali
-

SAMARINDA. Sejak dibuka jalur penerbangan dari Samarinda ke Pulau Jawa dan Sulawesi melalui Bandar Udara APT Pranoto, harga tiket pesawat cukup mahal ketimbang berangkat dari Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan. 

Kondisi ini turut dikeluhkan pemerintah daerah. Bahkan Walikota Samarinda Syaharie Jaang saat memimpin rapat koordinasi tim pengendalian inflasi daerah (TPID), Selasa (8/1) di Balaikota, mengatakan harga tiket pesawat yang cukup tinggi tadi bisa saja menjadi penyumbang inflasi dikota Tepian, karena banyak pengguna maskapai via bandara di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara itu merasa keberatan.
"Tolong kalau bisa TPID Pemkot dan BI bisa mempelajari hal ini, karena takut harga tiket yang tinggi tadi bisa mempengaruhi inflasi kita," pinta Jaang.
Mengingat inflasi kota Samarinda terhitung hingga akhir tahun 2018 kemarin  masuk dalam kondisi aman, yakni diangka 3,32 persen jauh di bawah inflasi nasional yang mencapai 8,03 persen.
Besar harapan Jaang agar di angka kondisi aman tadi, supaya tidak sampai  terganggu karena dipengaruhi oleh tingginya harga tiket pesawat. 
Oleh itu ia menginginkan perusahaan penerbangan diminta tidak menaikkan harga di luar ketentuan Tarif Batas Atas  (TBA). 
Sebagai bentuk pengendalian terhadap dampak kenaikan tiket pesawat yang harganya bervariasi. 
"Karena jujur kami dari Pemerintah sudah berupaya untuk menjaga kondisi stabilitas ekonomi di Samarinda. Buktinya bulan Desember kemarin kita melakukan Safari kerjasama dengan tiga wilayah di Sulawesi yakni Makasar, Bantaeng dan Enrekang terkait pemasokan kebutuhan pangan untuk menjaga stabilitas inflasi daerah," urai Walikota. 
Maksudnya agar kebutuhan komoditi di Samarinda masih aman. Sehingga nantinya mempengaruhi daya beli warga yang masih bagus. 
"Apalagi trend kita dari tahun 2016 masih positif karena berhasil mempertahankan prestasi sebagai pengendalian inflasi terbaik, jadi kita harap 2019 pun begitu," harap Jaang.(kmf4)

KIRIM PESAN

Silahkan Kirim Pertanyaan, Kritik maupun Saran untuk kami melalui formulir berikut.